Selasa, 14 April 2015

Pada kesempatan ini ezzeti akan selaku produsen kaos karakter  anak hingga dewasa akan memberi sedikit ilmu tentang jenis-jenis sablon kaos atau baju yang biasa digunakan oleh produsen pakaian. Selain tingkat kekuatan atau keawetan hasil sablon, tampilan sablon pakaian juga menjadi satu keharusan untuk menilai jenis cat sablon tertentu agar bisa dikatakan bagus. Pengaruh lain dari kualitas sablon juga tidak harus selalu pada jenis sablon ataupun merek. Keahlian pekerja serta tingkat kreatifitas juga penting karena mempengaruhi hasil sablon pada pakaian. maka itu jangan heran jika dua produsen yang berbeda memproduksi pakaian dengan bahan sablon yang sama namun setelah diteliti kualitas pakaian dari produsen A lebih bagus dari produsen B,ataupun sebaliknya.Agar lebih jelah kami jelaskan  beberapa jenis sablon dibawah ini agar Anda lebih paham.

Jenis Sablon Kaos yang Bagus.

1. Jenis Sablon Kaos Rubber 
orang sering menyebut sablon karet karena sablon  ini bersifat menutupi serat kain dan hasil sablonan yang elastis. Sablon jenis ini adalah jenis sablon yang paling sering dipakai. Karena, kepekatannya sangat baik dan cocok untuk menyablon kain yang berwarna gelap. Selain dipakai untuk sablon utama, biasanya sablon rubber dimanfaatkan untuk sablon dasar sebelum kain diberi sablon yang lain. Keunggulan cat sablon ini ialah cenderung awet dan bisa disetrika.

2. Jenis Sablon Kaos Pigmen
Sablon pigmen bagus jika dipaki untuk menyablon warna-warna kain yang terang. Sablon pigmen mempunyai sifat seperti tinta yang menyerap kedalam serat kain. adapun kekurangan dari sablon pigmen ialah jika dipakai untuk menyablon kain atau baju yang berwarna gelap, maka warna sablon baju pigmen kalah dengan warna kain itu sendiri.

3. Jenis Sablon Kaos Super White
Sablon jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti sablon rubber yang dapat menembus serat kain. Perbedaannya adalah jenis sablon super white lebih transparan. Cat sablon jenis ini tersedia dalam dua varian yaitu color dan white. Super white juga bisa dipakai menyablon kain berwarna gelap.

4. Jenis Sablon Kaos Plastisol
Sablon plastisol terbuat dari minyak/PVC yang memiliki daya rekat sangat kuat. Kelebihan yang tidak dimiliki jenis cat sablon lain adalah plastisol bisa mencetak raster atau dot yang sangat kecil. Dengan segala kelebihannya sablon plastisol menjadi salah satu jenis sablon yang lumayan mahal. Hasil sablonan dari plastisol tidak bisa kering dibawah suhu 160 derajat cecius sehingga membutuhkan peralatan khusus untuk mengeringkannya.

5. Jenis Sablon Kaos Glow in the dark
Sablon jenis ini memiliki keistimewaan bersinar di tempat yang gelap. Sablon glow in the dark terbuat dari bahan dasar dan campuran fosfor. Sablon ini pun bagus jika dikombinasikan dengan sablon yang lainnya.

6. Jenis Sablon Kaos Discharge
Jenis sablon ini memiliki kemampuan khusus untuk merubah warna dasar kain dengan unsur kimia yang terkandung didalamnya. Tujuannya adalah untuk dicat dengan warna baru pada kain atau pakaian sesuai yang diinginkan.

7. Jenis Sablon Kaos Floaking
Proses penyablonan dengan menggunakan sablon floaking umumnya menggunakan bahan tambahan seperti beludru sebagai lapisan agar membentuk permukaan timbul yang dilekatkan dengan perekat tertentu. Jenis sablon ini tersedia dalam dua varian yaitu lembaran dan bubuk. Dibutuhkan presser untuk penyablonan menggunakan jenis lembaran supaya sablon bisa daya lekat lebih kuat.

8. Jenis Sablon Kaos Foam
Sablon dengan bahan karet yang menghasilkan efek timbul. Penyablonan membutuhkan proses pemanasan agar efek timbul yang dihasilkan bisa maksimal.

9. Jenis Sablon Kaos Glitter
Jenis sablon yang berbentuk tinta dikombinasikan dengan zat mengkilat. Hasil sablon dari glitter tampak modern dan glamor karena unsur stransparan yang dihasilkan tampak indah. 

10. Jenis Sablon Kaos Foil
Keistimewaan dari jenis sablon foil yaitu sablonan terlihat mengkilat dan jernih. Dalam proses penyablonan dengan foil digunakan lapisan kertas logam yang direkatkan dengan perekat khusus.

11. Jenis Sablon Kaos High Density
Jenis sablon high density terbuat dari bahan plastisol yang memberikan efek kinclong dan terlihat basah. Efek timbul yang dihasilkan juga sangat tajam.

12. Jenis Sablon Kaos Sablon Pasta
Sablonan dari pasta lebih kaku dengan efek timbul yang menyerupai sablon rubber.

13. Jenis Sablon Kaos DTG
Berbeda dengan jenis sablon yang lain DTG dalam prosesnya membutuhkan mesin digital dan biasanya dipakai untuk penyablonan dalam julah besar.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa jenis sablon kaos yang bagus dan semoga bisa menamabah wawasan anda.

1 komentar:

  1. Kapan lagi anda punya kesempatan??
    Cuma dengan modal 20K anda akan menjadi JUTAWAN!!!
    Ajak teman anda bergabunglah bersama kami di dewalotto
    Link Alternatif : dewalotto.club
    Note : Nomor Official whatsapp kami hanya tertera di dalam website
    selain itu bukan nomor whtsapp dewalotto ^-^

    BalasHapus